07 Desember 2010

BELAJAR AYAT KURSI

Kira-kira 3 minggu yang lalu Kayla minta diajari hafalan ayat Kursi. Aku pun mengajarinya dengan cara dia menirukan ayat Kursi yang kulafalkan. Tapi belum sampai selesai Kayla keukeuh mau belajar ayat Kursi sambil membaca sendiri ayat Kursi di Al Quran. Lha, sayangnya saat itu aku lupa ayat Kursi itu ayat keberapa dari surat Al – Baqarah. Setelah dicari-cari secara acak belum ketemu, akhirnya belajar ayat Kursi pun tertunda. Aku bilang tanya aja ke Bapak nanti kalau pulang kerja.

Tapi hari itu dan besoknya saya lupa nanya ke suami. (Tidak untuk dicontoh pelupa yang kayak begini nih……..)
Hingga hari berikutnya Kayla bilang lagi, “Bu, besok giliranku rekaman ayat Kursi di sekolah”.
DDUUUEERRRRR….
Aku baru ngeh kalau Kayla minta diajari ayat Kursi karena tugas dari sekolah untuk menghafalkannya dan kemudian direkam di sekolah. Kemarin-kemarinnya Kayla tidak mengatakan kalau ada tugas menghafal ayat Kursi. Tapi sebenarnya ini bukan kesalahan Kayla, tapi keteledoranku sebagai orangtua yang kurang memperhatikan materi pelajaran di TK nya. Aku kira itu hanya untuk sekedar latihan saja untuk perkenalan karena pikirku masih TK. Hal itu pula yang membuatku sadar bahwa akhir-akhir ini aku kurang perhatian dengan materi belajar Kayla di sekolah.
Maafkan ibu ya…Kayla…
Maafkan juga ya…ibu gurunya Kayla…
Maafkan kami karena kami telah teledor kali ini tentang materi belajar Kayla di sekolah.

Seketika itu juga aku ambil buku panduan Materi Al Islam dari sekolah yang telah diberikan kepada wali murid. Memang, sudah lama buku itu tidak aku lihat, sampai dimana materinya sekarang. Ternyata materinya sudah agak jauh dan sudah lama tidak aku lakukan pengulangan materi di rumah. Memang, akhir-akhir ini pula Kayla juga agak menurun semangatnya dalam mengaji, belajar, dan hafalan surat-surat pendek.

Sebenarnya Kayla sudah bisa menghafal 15 surat pendek, yaitu Al Fatehah, Al Falaq, An Naas, Al Ikhlas, Al kaafirun, An Nashr, Al Lahab, Al Fiil, Al Maa’un, Al Kautsar, Al Asr, Al humazah, Al Fiil, Al Qori’ah, dan Al Qodr. Namun, ada beberapa bagian yang lupa ayatnya karena akhir-akhir ini agak kendor mengulangnya, apalagi Kayla juga nggak ikut belajar ngaji di masjid.

Alhamdulillah, setelah beberapa kali diulang-ulang Kayla pun sudah hafal ayat Kursi-nya.

Semoga ini menjadi pelajaran yang selalu kami ingat, apalagi sebentar lagi Kayla sudah mau masuk SD yang tentunya muatan materi pelajarannya lebih berat daripada di TK.

Ya Allah..Ya Rabb…berianlah kami kekuatan dan kemampuan untuk selalu membimbing putri kami, agar menjadi manusia yang selalu tunduk kepada-Mu dan menjadi manusia yang membawa manfaat bagi dunia…. Amiin

5 komentar:

IbuDzakyFai mengatakan...

Alhamdulillah, Kayla Pinter skali...Hapalannya Pinter ya...

Zulfadhli's Family mengatakan...

Hebat anak Bunda!! Tante ajah hapal ayat kursi pas SMA hehhe jadi malyuuu akyuuu.

Gpp Bun lupa, manusiawi. Tapi serius deh Kayla hebat masih kecil hapalan surat2 pendeknya udah banyak. Harus lebih rajin lagi yah Sayang.

Kiss kiss dari Zahia :-)

Bintang mengatakan...

ya ampun pandai sekali yah Kayla..udah banyak hapal surat2 al quran..kalo farrell sih kalo ada exam aja baru deh belajar dan ngapalin hehehe

Elsa mengatakan...

alhamdulillaaaah
semoga hafal terus
semakin lama semakin banyak hafalannya yaa

BABY DIJA mengatakan...

wah, Kakak Kayla pinter juga yaaa