12 Juni 2010

LATIHAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG

Bulan kemarin Kayla minta latihan menulis tegak bersambung. Awalnya aku sih masih belum serius menanggapinya, karena pikirku biar menulis lepas aja dulu agar lebih rapi. Untuk menulis lepas Kayla sudah lancar, bahkan Kayla sudah punya diary sendiri meski masih sering harus diingatkan untuk lebih telaten lagi dalam menulis diari.
Sepertinya keinginan Kayla untuk menulis tegak bersambung sudah tak terbendung lagi...ceilee... Maknya aja yang kurang tanggap nih...dengan agak nggak serius (karena kupikir ini hanya keinginan Kayla sesaat) akhirnya aku kasih tugas untuk berlatih menebalkan aja LKS-LKS yang ada tegak bersambungnya (menebalkan titik-titik). Setelah beberapa hari LKS habis, nampaknya Kayla mulai bosan kalau hanya menebalkan huruf maupn kata.
Mulai dari sini aku mulai ngeh kalau Kayla memang pingin banget belajar ini (orangtua yang tidak dicontoh nih...Mestinya kan ini kesempatan emas kan...).
Akhirnya aku beri beberapa tugas dari yang mudah...yaitu menyalin huruf tegak bersambung, lalu menyalin kata, dikte huruf tegak bersambung, dikte kata, menyalin kata dari huruf lepas ke huruf tegak bersambung, dan akhirnya bisa membuat cerita berdasar gambar dengan menggunakan huruf tegak bersambung.

Pelajaran yang bisa dipetik:
Ketika anak sudah minta belajat sesuatu, kita harus segera memenuhinya dengan antusias agar kesempatan emas tersebut tidak melayang begitu saja.

Ini beberapa tulisan dari latihan Kayla: (yang lain bisa dilihat di sini

13 komentar:

Lidya mengatakan...

mbak, kayla sudah diajari hitungan penjumlahan & pengurangan belum?caranya gimana sih

ke2nai mengatakan...

kayla berbanding terbalik sama keke dlm hal tulis menulis. hehehe....

Reni Dwi Astuti mengatakan...

Lidya: sudah mbak. ya awalnya menghitung jumlah benda yg nyata (penjumlahan dulu baru pengurangan). setelah menghitung benda nyata sdh lancar beralih ke penjumlahan angka. saya selalu punya stok LKS utk Kayla krn sewaktu2 dia minta mengerjakan. atau kalo enggak ya di buku tulis gitu. Trus biasane sambil nyantai atau pas mandikan kayla kasih tebak2an penjumlahan dari angka 1-10 dulu. setelah lancar ke angka diatasnya. Juga dilatih dengan soal cerita dari yg sederhana sampai yg agak rumit.

Reni Dwi Astuti mengatakan...

Kenai: apa mungkin krn cewek ya mbak jadi dia lebih telaten, atau mungkin di minat kali ya...he he

IbuDzakyFai mengatakan...

wah, bagus tulisannya kayla....Wah2 Kayla rajin skali yach ..Biasanya anak dikejar2 ortu suruh belajar, kalo kayla lain ...sip dech

Lina Sukadi mengatakan...

wah, guru yg dirumah harus rajin mendampingi nich...he.he..

Zulfadhli's Family mengatakan...

Wah pintarnya Ka kayla. Tulisannya bagus loooohhh :-)

bunda Aliyyah mengatakan...

haduh, baru nyoba pengen ternyata hasilnya sudah sangat lumayan ya kakak Kayla. Itu bundanya pasti tercengang tuh, he he he

Vera mengatakan...

wuiih...udah lama ga mampir sini, kayla makin pinteeeerrr nih

eloraencarlo's mom mengatakan...

wah hebat...kayla dah pinter nulis ya? kelas brp sih Kayla?

Reni Dwi Astuti mengatakan...

skr kelas TK B Mom...

Ar Royyan Dwi Saputra mengatakan...

Blog yang sangat bagus.

sikuang mengatakan...

Setuju bu.... agar anak tidak kecewa yang akhirnya jadi malas belajar.